Perpanjang STNK

karena si suami mau ngebodongin motor yg jarang dipake.. terpaksalah mengorbankan diri (caelaah..) untuk ngurus PERPANJANGAN STNK.. sebagai warga taat azas dan taat pajak, saya agak ga rela, karena bayar pajak adalah bentuk perhatian kita terhadp barang2 yg saya punya..  ooooh actually aku malas sangaaaat..!

Dan hari ini H-1 untuk motor 1 dan H-5 untuk motor 2, berangkatlah saya ke SAMSAT Jaktim jl. DI panjaitan kebon nanas.. jam 8.00 wib lewat udah sampe di TKP, prosesnya sbb :

A. Ambil formulir di bagian informasi
Formulirnya cuma 1 lembar dan 1 muka), isi dan lengkapi data & berkas, isinya :
1. Formulir
2. STNK perpanjangan (asli & copy) -->berlaku 5 tahun
3. STNK pengesahan (asli & copy) --> berlaku 1 tahun
4. KTP (asli & copy)
Ini dikumpulin jadi 1, bisa dihekter atau di klip. kalo bisa bawa pulpen sendiri, steples/paper klip dan semua berkas udah difotocopy. BPKB bawa aja buat jaga2 kalo dibutuhkan, tapi tadi ga kepake sama sekali copy dan aslinya.

B. Masukkan berkas ke loket 1
Di loket ini akan diberikan nomor antrian, sebagai tanda udah masukin berkas lengkap. yang ga lengkap, siap2 dipanggil lagi yaa..

C. Tunggu panggilan dari loket 2
Di loket 2, nomor kita akan dipanggil, langsung berderet 10-20-30 orang sekali panggil, trus kita dapet struk invoice pajak. Cek apakah sudah bener no. STNK dan namanya, siapkan uang sejumlah tagihan pajak yang wajib kita bayarkan

D. Lanjut ke Loket Kasir (Loket 3 dan 4)
Transaksi pembayaran dilakukan sini, oleh Bank DKI.  Sebagai tanda bukti bayar, dikasi kuitansi pembayaran rangkap 2 distempel asli lunas & tanggal pembayaran, putih dan biru

E. Loket Pengambilan STNK (loket 5)
Tunggu panggilan sekelompok nama dari loket 5. untuk mengambil STNK pengesahan dan STNK perpanjangan. Yang disebutkan adalah nama dan alamat, bukan nomor lagi karena nomer udah dituker invoice di loket 2. Ga rebutan karena pembagian STNK akan diberikan per nama.  Sebagai bukti sudah diambil, tukar copy kuitansi pembayaran kita yang warna biru dgn STNK.

Cek lagi final untuk STNK perpanjangan, STNK pengesahan dan plastik wadah STNK yaa..



Selesai deh.. untuk proses 1 STNK selesai sekitar 1 jam. Karena tadi saya ngurus 2 STNK jadi yang 1 agak belakangan deh.. harusnya sih bareng ya karena masukin berkasnya jadi satu. Proses pengurusan ini selesai tanpa biaya apapun.  Terima kasih samsat yg udah melakukan pembenahan bebas pungli :)

Dan bulan depan saya harus ke sana lagi untuk bayar pajak mobil nissan march kesayangan.. nafas dulu bayar pajak kendaraan.. fhiuuuhhhh...




Comments

Popular posts from this blog

Jalur busway ke satpas daan mogot (pembuatan SIM)

klinik kencana RSCM..

klinik cempaka RSCM