bikin paspor di imigrasi jaktim..




Yeaaay..! ini kali kedua gw bikin paspor. Setelah sebelumnya (5 tahun lalu) urus sesuai domisili di jaksel, skrg gw ngurus di kantor imigrasi jaktim. Posisi ada di sebelah penjara Cipinang..

Pertama wajib beli formulir. Karena ini ATK Kantor, harusnya free ya, tapi sama imigrasi jaktim dijual formulir beserta map : Rp.5000,-. Kalo beli komplit (map, form + materai 6000), dijualnya 12.000.

Setelah diisi lengkap + materai, jangan lupa dibawa berkas2 copy antara lain : paspor lama (kalo mau perpanjang. sebenernya ga ngaruh juga, prosesnya sama aja bikin baru atau perpanjang), copy KTP (bikin jejer depan, belakang, ukuran A4 jangan dipotong yaa, biarin aja), copy akte lahir, copy ijasah, copy KK, surat keterangan dari kantor kamu kerja.

Antri dari pagi ya. Beberapa udah antri dari jam 7 pagi (bahkan sebelum kantor imigrasi-nya buka) untuk dapetin nomor antrian kecil. Utk imigrasi jaktim, kapasitas utk masukin berkas hanya 200 orang, dan biasanya udah abis jam 9.00.

Nomor akan dijepret bareng map dan berkas yg akan diserahkan. Loket penyerahan berkas ada 3, tapi entah kenapa jalannya alon-alon asal kelakon.. yg dapet nomor di atas 120, siap2 dapet panggilan setelah makan siang yaa. Petugas istirahat jam 12-13.00. Setelah dipanggil, dicocokin berkas sesuai syarat, petugas akan kasih tanggal utk dateng lagi (biasanya 3hk setelah masukin berkas) utk intv & foto.

Untuk proses kedua ini, lagi2 kita ambil nomor antrian, utk ke loket kasir urus pembayaran cash. Siapin uang 270.000 ya.. Setelah bayar, dapet nomor lagi untuk antrian foto, sidik jari, dan wawancara. Kalo perpanjang paspor, wawancaranya sama sekali ga detail. Jadi ga makan waktu lama, dan tinggal ambil paspor jadinya 4hk kemudian.

Untuk ambil paspor, jangan lupa dibawa tanda bukti utk pengambilan. Tumpuk di loket dan akan dipanggil untuk penyerahan paspor. Udah terima paspor, masih harus fotocopy paspor di tempat fotocopy terpisah utk kemudian diberikan ke loket pengambilan tadi.

Udah, selesai deh.. Bisa langsung dipake looh..! hehehehe...

Comments

Popular posts from this blog

Jalur busway ke satpas daan mogot (pembuatan SIM)

klinik kencana RSCM..

klinik cempaka RSCM